Rabu, 31 Januari 2018

Analisis Strategi PR Baskin Robbins Untuk Meningkatkan Loyalitas Para Pelanggan Di Jakarta Dari Para Pesaing

ANALISIS STRATEGI PR BASKIN ROBBINS UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS PARA PELANGGAN DI JAKARTA DARI PARA PESAING


PROPOSAL SKRIPSI


Diajukan Oleh :

Nama              : Syarifadiya Rifky
NIM                 : 15110190731
Konsentrasi   : Public Relations







JAKARTA
2017


KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadiran Allah SWT yang telah memberikan Rahmat dan HidayahNya kepada kami sehingga dapat menyelesaikan penelitian ini. Shalawat dan salam kepada Rosullulah SAW, yang telah menerangi dunia dengan ilmu pengetahuan dan dakwah beliau yang tiada tandingannya.Sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan proposal penelitian yang berjudul “Analisis Strategi PR Baskin Robbins untuk Meningkatkan Loyalitas Para Pelanggan di Jakarta Dari Para Pesaing” merupakan penelitian yang ditujukan untuk melengkapi persyaratan Ujian Akhir Semester Lima mata kuliah Metode Penelitian Kualitatif.
Dalam penyelesaian penulisan proposal penilitian ini saya banyak menemukan kesulitan – kesulitan karena keterbatasan kemampuan saya baik pengalaman maupun pengetahuan.Pada akhirnya saya dapat mengatasi kesulitan yang ditemukan selama penulisan proposal penelitian ini.
Kami sangat menyadari bahwa proposal penelitian ini masih jauh dari kesempurnaan.Untuk itu kami mohon maaf jika ada kekurangan.Kritik dan saran yang membangun sangat diharapkan untuk perbaikan selanjutnya.Semoga proposal penelitian ini bermanfaat untuk pembaca pada umumnya.








DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR                                                                                                          
BAB 1                                                                                                                                     5
PENDAHULUAN                                                                                                                 5
1.1       Latar Belakang                                                                                             5
1.2       Rumusan Masalah Penelitian                                                                  7
1.3       Tujuan Penelitian                                                                                        7
1.4       Manfaat Penelitian                                                                                      8
1.4.1   Manfaat Akademis                                                                                       8
1.4.2   Manfaat Praktis                                                                                            8
BAB II                                                                                                                                     9
KERANGKA TEORETIS                                                                                                     9
2.1       Hasil Penelitian Sebelumnya                                                                   11
2.2       Teori Utama                                                                                                  12
2.2.1   Strategi Public Relations                                                                            12
2.3      Teori Pendukung                                                                                         13
2.3.1    Loyalitas                                                                                                       13
2.4       Konsep                                                                                                          14
BAB III                                                                                                                                    15
METODE PENELITIAN                                                                                                       15
3.1       Metodologi Penelitian                                                                                 15
3.2      Tahap Pengumpulan Data                                                                         16
3.2.1   Pengamatan Observasi                                                                             16
3.2.2     Wawancara                                                                                                 16
3.2.3    Narasumber                                                                                                 18
3.2.4    Unit Analisis                                                                                                   18
3.3       Tahap Pengambilan Sampel                                                                     18
3.4       Fokus Penelitian                                                                                         19
3.5       Tahap Analisis Data dan Reseprentasi Data                                         20
3.6       Tehnik Keabsahan Data                                                                            21
3.7       Waktu dan Lokasi Penelitian                                                                    22
Daftar Pustaka                                                                                                                     23
















BAB 1
PENDAHULUAN

1.1.  Latar Belakang
Baskin-Robbins Inc.adalah waralaba makanan internasional yang mengkhususkan dalam es krim. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1945 di Glendale, California. Baskin-Robbins merupakan waralaba es krim terbesar di dunia. Saat ini Baskin-Robbins memiliki lebih dari 3.000 gerai dari lebih dari 30 negara di dunia.Perusahaan ini dikenal dengan slogan 31 rasa dengan gagasan bahwa pelanggan bisa memiliki rasa yang berbeda setiap hari setiap bulan. Slogan ini berasal dari perusahaan iklan Carson-Roberts in 1953. Baskin-Robbins percaya bahwa orang harus mencicipi rasa sampai mereka dapat menentukan rasa apa yang ingin mereka beli, dengan sendok merah muda kecil yang terkenal. Perusahaan ini telah memperkenalkan lebih dari 1,000 rasa sejak 1945.
PT Trans Ice Baskin Robbins bergerak dibidang food and beverage.Sebelum menjadi PT Trans Ice Baskin Robbins dahulunya bernama PT Narya Delta Prarthana karena saham dibeli oleh Para Group milik Bapak Chairul Tanjung, maka berubah menjadi PT Trans Ice Baskin Robbins.PT Trans Ice Baskin Robbins berpusat di Jakarta.PT Trans Ice Baskin Robbins memiliki cabang-cabang di beberapa daerah di Indonesia antara lain Pulau Jawa, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi, Pulau Sumatera, dan Pulau Bali.Dalam aktivitas penjualannya Baskin Robbins menggunakan POS (Point of Sales).POS adalah sebuah sistem informasi yang khusus untuk mencatat transaksi-transaksi penjualan.Selain sudah menggunakan POS, Baskin Robbins juga mempunyai website sendiri untuk memberikan informasi kepada para pelanggannya mengenai promo-promo dari ice cream, ice cake, dan beverage.
Kepuasan pelanggan sendiri adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang disebabkan oleh kinerja atau hasil suatu produk yang dirasakan, dibandingkan dengan harapannya (Kotler, 2009). Apabila apa yang didapat pelanggan lebih kecil dari apa yang diharapkan pelanggan maka pelanggan akan menjadi tidak puas, tidak tertarik dan kecewa kepada penyedia yang bersangkutan. Sedangkan apabila hasil yang dirasa oleh pelanggan melebihi apa yang diharapkan maka pelanggan akan merasa puas. Tingkat kepuasan pelanggan dapat diperoleh setelah terjadinya tahap pembelian dan pemakaian. Dalam manajemen sendiri dikenal dengan adanya bauran pemasaran atau yang biasanya dikenal dengan marketing mix, yaitu produk (product), tempat (place), promosi(promotion), dan harga (price).
Dalam peranannya, ke empat elemen tersebut merupakan inti dari suatu pemasaran. Dikarenakan keempat elemen ini bersifat saling berhubungan dan berorientasi pada satu tujuan yaitu target pasar. Jika mengetahui komposisi yang tepat untuk empat elemen tersebut maka dapat dipastikan bisnis yang akan dijalankan dapat berhasil. Keempat elemen tersebut dapat mengantarkan suatu perusahaan dalam memenuhi kebutuhan konsumen sehingga konsumen dapat merasa puas dan bahkan dapat memberikan suatu sikap loyal terhadap perusahaan. Karena saat ini semakin disadari bahwa kepuasan pelanggan merupakan aspek yang sangat vital dalam rangka bertahan dalam bisnis dan memenangkan persaingan (Tjiptono,2014). Apabila suatu kepuasan sudah dapat di berikan perusahaan kepada konsumen, maka akan timbul suatu timbal balik atau feed back yang pada akhirnya akan berimbas terhadap perusahaan itu sendiri, yang dinamakan loyalitas. Loyalitas sendiri merupakan suatu tindakan konsumen yang melakukan pembelian ulang terhadap suatu produk dikarenakan rasa puas yang telah diperoleh pada pembelian pertama kali atau sebelumnya.
Dalam menjalankan usahanya sebagai ritel es krim premium, Baskin Robbins memiliki visi menjadi market leader super premium es krim pertama di Indonesia. Sedangkan misi dari Baskin Robbins adalah meningkatkan sales, perbaikan gross profit, meningkatkan produktivitas, meningkatkan efisiensi, menjadi tempat terbaik untuk pembeli, memberikan servis yang terbaik kepada konsumen, memberikan pelayanan yang baik, menyediakan produk yang terbaik dan lengkap, menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman.
Dengan semakin berkembangnya bisnis ritel es krim di Indonesia dan semakin ketatnya persaingan di dunia bisnis terutama ritel es krim Baskin Robbins terus berjuang keras dalam mempertahankan konsumen yang sudah ada dan berusaha memperluas pangsa pasarnya dengan beberapa strategi pasar yang telah diterapkan dalam operasinya.Hal itu dikarenakan adanya persaingan yang sangat ketat dari para pelaku usaha ritel es krim dan masing-masing pelaku bisnis berusaha untuk menampilkan ciri-ciri dan karakteristik yang berbeda.Baskin Robbins harus berjuang keras dalam mempertahankan konsumen yang sudah ada. Baskin Robbins sendiri memiliki target 1000 outlet di Indonesia, dengan harapan dapat dibangun pabrik produksi di Indonesia, sehingga akan berdampak pada harga yang akan lebih murah untuk diterapkan di pasar di Indonesia, karena selama ini biaya yang paling besar dalam operasional adalah biaya pengiriman, import dan pajak. Jika dapat dibangun tempat produksi atau pabrik di Indonesia, maka biaya yang akan dikeluarkan akan lebih minimal, sehingga dapat berdampak juga pada harga jual. Kenaikan harga es krim, tempat berdirinya outlet atau mall, kelengkapan produk, standard operasional yang diterapkan karyawan sampai tingkat loyalitas konsumen.

1.2 Rumusan Masalah
Pada dasarnya semua pelaku bisnis akan mengalami kendala untuk menjaga loyalitas para pelanggan. Untuk itu perusahaan mencari cara bagaimana untuk menyelesaikan permasalahan yang di hadapi. Begitu juga dengan perusahaan ritel es krim Baskin Robbins khususnya di Jakarta.
Dari uraian latar belakang di atas, maka rumusan masalah yang dapat di ajukan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.      Apakah kepuasan berpengaruh terhadap loyalitas konsumen pada Baskin Robbins?
2.      Apakah produk berpengaruh langsung dan tidak langsung terhadap loyalitas konsumen Baskin Robbins?
3.      Apakah promosi berpengaruh langsung dan tidak langsung terhadap loyalitas konsumen Baskin Robbins dengan kepuasan?

1.3 Tujuan Penelitian
Berdasarkan uraian latar belakang dan rumusan masalah diatas, maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.      Untuk mengetahui pengaruh kepuasan terhadap loyalitas konsumen Baskin Robbins.
2.      Untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung produk terhadap loyalitas konsumen Baskin Robbins.
3.      Untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung promosi terhadap loyalitas konsumen Baskin Robbins.


1.4 Manfaat Penelitian
Manfaat yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:

1.4.1  Manfaat Akademis
            Menambah wawasan bagi mahasiswa, memberikan sumbangan terhadap perkembangan dan pendalaman studi ilmu komunikasi yaitu tentang public relations.
1.4.2 Manfaat Praktis
Diharapkan hasil dari penelitian ini dapat digunakan atau dimanfaatkan sebagai pertimbangan dalam kelangsungan kepuasan dan loyalitas konsumen Baskin Robbins.























BAB II
KERANGKA TEORITIS

2.1 Hasil Penelitian Sebelumnya
Penelitian mengenai manajemen krisis perusahaan sudah banyak dilakukan sebelumnya, hal itu dapat digunakan untuk mengetahui persamaan dan perbedaan dengan penelitian selanjutnya.Berikut merupakan beberapa penelitian terdahulu yang sejenis dengan penelitian ini.
Rujukan penelitian pertama merupakan penelitian yang disusun oleh Agung Rezkina Pramesti Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Komunikasi dan Informatika Universitas Muhammadiyah Surakarta yang berjudul “StrategiPublic Relations Telkomsel Surakarta Dalam Menjaga Loyalitas Pelanggan” Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif.Langkah - langkah analisis data yaitu pengumpulan data,wawancara, reduksi data,penyajian data dan penarikan simpulan.
Hasil penelitian menemukan bahwa:
1) Strategi Public Relations Telkomsel untuk menjaga loyalitas pelangganya yaitu menggunakan strategi Pull, Push, Pass.
2) Bentuk dan alat kegiatan marketing public relations Grapari Telkomsel:
a) Iklan: Above the line dan Below the line
b) Events, yaitu melalui on air special events dan off air special events
c) Community network.Loyalitas pelanggan Telkomsel
3) Melakukan bentuk dan kegiatan pemasaran yang berbeda dari competitor, seperti strategi pemasaran berbasis komunitas. Menempatkan pertumbuhan pelanggan berbasis youth, woman, netizen.
4) Terus berinovasi sesuai dengan jaman untuk menarik hati pelanggan, Telkomsel memberikan fitur layanan internetan yang cepat di banding kompetitornya.
5) Sekarang masyarakat membutuhkan layanan operator yang ekonomis dan nyaman dalam berkomunikasi, Telkomsel memberikan jaringan terluas dan sinyal yang kuat hingga ke pelosok daerah meskipun dalam kondisi cuaca yang buruk
4) Mengeluarkan layanan program yang sesuai dengan waktunya. Adanya program-program MPR Telkomsel yang berbeda dengan kompetitornya membuat banyak orang yang menggunakan Telkomsel dan menjadi pelanggan yang loyal.
Rujukan penelitian yang kedua merupakan penelitian yang disusun oleh Zubaidiyah Irani Yuliana yang berjudul “Strategi Public Relations PT. CIPTA MORTAR UTAMA Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan” Metode penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif, dan tipe penelitian deskriptif.Peneliti mengumpulkan data menggunakan wawancara mendalam kepada Tim Marketing Communication PT Cipta Mortar Utama.
Fokus penelitian ini adalah strategi Public Relations PT Cipta Mortar Utama.dalam membentuk loyalitas peanggan. Penelitian signfikan karena PT. Cipta Mortar Utama sebagai perusahaan yang masih berkembang di Indonesia timur sehingga terdapat strategi baru untuk mengkomunikasikan produknya di masyarakat.Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana strategi marketing public relations PT Cipta Mortar Utama dalam membentuk loyalitas pelanggan.Tinjuan pustaka pada penelitian ini adalah Komunikasi Pemasaran, Public Relations, Strategi Marketing Public Relations, dan Loyalitas pelanggan.Hasil penelitian adalah Bagian Marketing Communication memiliki tujuan mengkomunikasikan kepada masyarakat khususnya wilayah Indonesia timur tentang produk mortar yang baru dikenal masyarakat sehingga konsumen menjadi loyal pada perusahaan.Marketing Communication PT. Cipta Mortar Utama menjalankan strategi seperti publikasi, identity media, event, Public- Service Activities, dan sponsorship.















Tabel 1
Penelitian Sebelumnya

No
Peneliti
Judul
Teori
Metodologi
Hasil
1
Agung Rezkina Pramesti
Analisis Public Relations Telkomsel Surakarta Dalam Menjaga Loyalitas Pelanggan
Strategi Public Relations
Deskriptif kualitatif, Analisis data,pengumpulan data, wawancara ,reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan 
1) Strategi Marketing Public Relations Telkomsel untuk menjaga loyalitas pelangganya yaitu menggunakan strategi Pull, Push, Pass.
2) Bentuk dan alat kegiatan marketing public relations Grapari Telkomsel : Iklan. Events, Community Network.
2
Zubaidiyah Irani Yuliana
Strategi Public Relations PT. CIPTA MORTAR UTAMA Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan
Strategi Public Relations
Pendekatan kualitatif, dan tipe penelitian deskriptif.
Wawancara
Bagian Marketing Communication memiliki tujuan mengkomunikasikan kepada masyarakat khususnya wilayah Indonesia timur tentang produk mortar yang baru dikenal masyarakat sehingga konsumen menjadi loyal pada perusahaan.






2.2 Teori Utama

2.2.1 Strategi Public Relations
Pengertian strategi public relations mennurut Ahmad S. Adnanputra, Presiden Institut Bisnis dan Manajemen Jayakarta adalah “ Alternatif optional yang dipilih untuk ditempuh guna menapai tujuan public relations dalam kerangka suatu rencana public relations (public relations plan) (Ruslan, 2014:134)
Intisari definisi kerja public relations atau humas  oleh Dr. Rex Harlow, dari San Francisco Amerika menjadi acuan para anggota IPRA (International Public Relations Association) (1978) yang berbunyi : “Hubungan masyarakat merupakan komunikasi dua arah antara organisasi dan publiknya secara timbal balik dalam rangka mendukung fungsi dan tujuan manajemen dengan meningkatkan pembinaan kerja sama serta pemenuhan kepentingan bersama” (Ruslan, 2014:130)
Ahmad S. Adnanputra, M.A., M.S., pakar humas dalam naskah workshop berjudul PR Strategy (1990), mengatakan bahwa arti strategi adalah bagian terpadudari suatu rencana (plan), sedangkan rencana merupakan produk dari suatu perencanaan (planning), yang pada akhirnya perencanaan adalah salah satu fungsi dasar dari proses manajemen. (Ruslan, 2014:133)
Strategi Public Relations atau yang juga dikenal sebagai bauran adalah sebagai berikut (Nova, 2011, p.54) :
1.    Publikasi
Publikasi merupakan cara PR dalam menyebarkan gagasan, informasi, atau ide kepada publiknya.
2.    Acara atau event
Acara adalah setiap bentuk kegiatan yang dilakukan PR dalam proses penyebaran informasi kepada public. Contohnya: pameran, launching, seminar, kampanye, dan lain – lain. Hal ini berhubungan dengan penyusunan program acara yang dapat dibedakan menjadi:
a)    Calendar Event: sebuah kegiatan yang bersifat rutin atau regular.
b)    Special Event: sebuah kegiatan acara yang dilakukan pada waktu – waktu tertentu. Contohnya launching, ulang tahun perusahaan.
c)    Moment event: kegiatan yang momentum. Contohnya perayaan ulang tahun ke 50 sebuah perusahaan.

3.    Pesan atau berita
Berita adalah informasi yang disampaikan secara langsung tidak langsung kepada publiknya.Informasi disampaikan agar public dapat menerima informasi tersebut dan mendapat tanggapan yang positif.
4.    Citra perusahaan
Corporate identity adalah bagaimana pandangan public kepada suatu perusahaan terhadap segala aktivitas yang dilakukan perusahaan tersebut.
5.    Community involvement (hubungan dengan khalayak)
Community involvement adalah sebuah relasi atau hubungan yang dibangun perusahaan dengan khalayak (stakeholder, media, dan lain – lain)
6. Teknik lobi dan negosiasi
Ini adalah sebuah rencana baik yang dibuat oleh PR lalu memiliki jangka panjang maupun jangka pendek dengan tujuan menyusun budget yang dibutuhkan.Dengan perencanaan yang matang, sebuah program yang sudah direncanakan dapat berjalan dengan baik dan dapat meminimalisir kegagalan.
7. Social Responsibility
Corporate Social Responsibility (CSR) adalah suatu wacana yang digunakan oleh sebuah perusahaan yang bertujuan untuk mengambil peran dalam melaksanakan aktivitasnya dengan mensejahterahkan masyarakat disekitarnya.

2.3 Teori Pendukung
2.3.1 Loyalitas
Sebelum kita berbicara lebih jauh mengenai loyalitas, terlebih dahulu kita harus tahu apa pengertian loyalitas. Loyalitas memiliki kata dasar loyal yang berasal dari bahasa Prancis kuno loial. Menurut Oxford Dictionary, pengertian loyalitas adalah the quality of being loyal dimana loyal didefinisikan sebagai giving or showing firm and constant support or allegiance to a person or institution. Jika diartikan secara bebas, pengertian loyalitas menurut Oxford Dictionary adalah mutu dari sikap setia (loyal), sedangkan loyal didefinisikan sebagai tindakan memberi atau menunjukkan dukungan dan kepatuhan yang teguh dan konstan kepada seseorang atau institusi. Sementara itu, Kamus Besar Bahasa Indonesia menerangkan pengertian loyalitas sebagai kepatuhan atau kesetiaan.


            Faktor – faktor yang mempengaruhi Loyalitas Pelanggan adalah perhatian (caring), kepercayaan (trust), perlindungan (length of patronage), dan kepuasan akumulatif (overall satisfaction).
2.4 Konsep


 




















BAB III
METODE PENELITIAN

3.1 Metodologi Penelitian
Metode yang digunakan oleh penulis untuk mengkaji penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Tujuan metode penelitian deskriptif kualitatif adalah untuk menggambarkan atau menerangkan suatu hal sebagaimana adanya.
            Metodologi kualitatif menurut Bodgan dan Taylor seperti yang dikutip Moleong (2004:2) adalah suatu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata – kata tertulis atau lisan dengan orang – orang atau perilaku yang dapat diamati.
            Metode penelitian deskriptif yaitu suatu metode penelitian yang tidak menggunakan perhitungan, datanya tidak berbentuk bilangan dan diperoleh dari nara sumber yang terkait langsung dengan objek penelitian, dengan melalui proses wawancara. Penelitian kualitatif ini merupakan jenis penelitian yang memberikan atau menguraikan data yang diperoleh secara langsung oleh peneliti dilapangan.
Proses penelitian kualitatif supaya dapat menghasilkan temuan yang benar – benar bermanfaat memerlukan perhatian yang serius terhadap berbagai hal yang dipandang perlu. Dalam memperbincangkan proses penelitian kualitatif paling tidak tiga hal yang perlu diperhatikan, yaitu kedudukan teori, penelitian dan desain penelitian kualitatif.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Fenomenologi yang di kutip dari buku One Stop Qualitative Research Methodology in Communication yang di karang oleh Ellys Lestari Pembayun. Fenomenologi sendiri artinya adalah pengalaman atau peristiwa yang masuk ke dalem kesadaran subjek. Fenomenologi memiliki peran dan posisi dalam banyak konteks, diantaranya sebagai sebuah studi filsafat, sebagai sikap hidup dan sebagai sebuah “metode penelitian.”

3.2 Tahap Pengumpulan Data
Menurut Arikunto (1998:144), sumber data adalah subjek dari mana suatu data dapat diperoleh. Menurut Sutopo (2006:56-57), Sumber data adalah tempat data diperoleh dengan menggunakan metode tertentu baik berupa manusia, artefak, ataupun dokumen-dokumen. Menurut Moleong (2001:112), pencatatan sumber data melalui wawancara atau pengamatan merupakan hasil gabungan dari kegiatan melihat, mendengar, dan bertanya. Pada penelitian kualitatif, kegiatan- kegiatan ini dilakukan secara sadar, terarah dan senantiasa bertujuan memperoleh suatu informasi yang diperlukan. Berbagai sumber data yang akan dimanfaatkan dalam penelitian ini sebagai berikut.
3.2.1 Pengamatan Observasi
Menurut Nawawi dan Martini (1992:74), “Observsi adalah pengamatan dan pencatatan secara sistematik terhadap unsur-unsur yang tampak dalam suatu gejala atau gejala-gejala pada obyek penelitian”.Berdasarkan pemaparan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa observasi merupakan kegiatan pengamatan dan pencatatan yang dilakukan oleh peneliti guna menyempurnakan penelitian agar mencapai hasil yang maksimal.
3.2.2 Wawancara
Menurut Sugiyono (2010:194), Pengertian wawan- cara sebagai berikut:
Wawancara digunakan sebagai teknik pengumpulan data apabila peneliti akan melaksanakan studi pendahuluan untuk menemukan permasalahan yang harus diteliti, dan juga peneliti ingin mengetahui hal-hal dari res- ponden yang lebih mendalam dan jumlah respondennya sedikit/kecil.
Wawancara yang digunakan dalam penelitian ini dengan mengajukan pertanyaan- pertanyaan terstruktur karena peneliti menggunakan pedoman wawancara yang disusun secara sistematis dan lengkap untuk mengumpulkan data yang dicari.


Data primer:
Data primer adalah data yang diperoleh langsung dari sumbernya. Sumber data primer yang digunakan dalam penelitian ini meliputi:
1. Siapa nama Anda?
2. Apa jabatan Anda?
3. Sudah berapa lama kerja di Baskin Robbins?
4. Bagaimana reputasi perusahaan?
5. Bagaimana cara Anda untuk menjaga reputasi perusahaan?
6. Bagaimana pendapat anda tentang meningkatkan loyalitas para pelanggan Baskin Robbins?
7. Berapa banyak peningkatan loyalitas para pelanggan Baskin Robbins?
8. Apa yang anda harus lakukan untuk meningkatkan loyalitas para pelanggan Baskin Robbins dari para pesaing?
9. Bagaimana anda menyampaikan pesan ke para pelanggan Baskin Robbins?
10. Bagaimana tanggung jawab perusahaan terhadap loyalitas para pelanggan Baskin Robbins?
Data Sekunder
Data sekunder tidak dikumpulkan sendiri oleh peneliti. Data itu sudah dikumpulkan oleh orang lain, atau sudah didokumentasikan dan atau dipublikasikan oleh orang lain.Data sekunder itu dapat dibedakan menjadi dua macam. Pertama data hasil penelitian (orang lain), dan kedua, data administratif kelembagaan. Data penelitian merupakan data yang dihasilkan oleh sesuatu penelitian, bisa penelitian orang lain, bisa penelitian sendiri.


3.2.3 Narasumber
Peneliti akan melakukan penelitian ini dengan melibatkan dua narasumber, diantaranya : PR Baskin Robbins dan customer.
3.2.4 Unit Analisis
Program PR Baskin Robbins meningkatkan loyalitas para pelanggan di Jakarta dari para pesaing.

3.3       Tahap Pengambilan Sampel
            Dalam penelitian ini, peneliti melakukan tahap analisis data dengan menggunakan purposive sampling. Dimana purposive sampling adalah salah satu teknik sampling non random sampling dimana peneliti menentukan pengambilan sampel dengan cara menetapkan ciri-ciri khusus yang sesuai dengan tujuan penelitian sehingga diharapkan dapat menjawab permasalahan penelitian. Menurut Sugiyono (2010) bahwa pusposive sampling adalah teknik untuk menentukan sampel penelitian dengan beberapa pertimbangan tertentu yang bertujuan agar data yang diperoleh nantinya bisa lebih representatif.Alasan menggunakan purposive sampling yaitu mengurangi batasan yang mneghalangi peneliti mengambil sampel secara random (acak). Sehingga saat menggunakan purposive sampling, diharapkan kriteria sampel yang diperoleh benar-benar sesuai dengan penelitian yang akan dilakukakan.










3.4 Fokus Penelitian
            Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui penerapan peran Public Relations Baskin Robbins untuk meningkatkan loyalitas para pelanggan di Jakarta dari para pesaing.
Objek Penelitian
Elemen
Evidensi
Teknik Penelitian







StrategiPR Baskin Robbins untuk Meningkatkan Loyalitas Para Pelanggan di Jakarta dari Para Pesaing.
Strategi Public Relations

1. Publikasi
2. Event
3.Pesan
4. Citra perusahaan
5. Community involvement
6. Teknik lobi dan negosiasi
7. Social Responsibility













Loyalitas
1. Cara PR dalam menyebarkan gagasan, informasi, atau ide kepada publiknya.
2. Setiap bentuk kegiatan yang dilakukan PR dalam proses penyebaran informasi kepada public.
3. Informasi yang disampaikan secara langsung tidak langsung kepada publiknya.
4. Bagaimana pandangan public kepada suatu perusahaan terhadap segala aktivitas yang dilakukan perusahaan tersebut.
5. Sebuah relasi atau hubungan yang dibangun perusahaan dengan khalayak
6. Rencana yang dibuat oleh PR lalu memiliki jangka panjang maupun jangka pendek dengan tujuan menyusun budget yang dibutuhkan.
7.Suatu wacana yang digunakan oleh sebuah perusahaan yang bertujuan untuk mengambil peran dalam melaksanakan aktivitasnya dengan mensejahterahkan masyarakat disekitarnya.

Perhatian (caring), kepercayaan (trust), perlindungan (length of patronage), dan kepuasan akumulatif (overall satisfaction).
Wawancara dan observasi PR Baskin Robbins di Jakarta.




















Wawancara dan observasi PR Baskin Robbins di Jakarta.

3.5       Tahap Analisis Data dan Reseprentasi Data
            Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan tahap analisis data online. Berikut beberapa tahap analisis data :
•           Tahap mengumpulkan data, dilakukan melalui instrumen pengumpulan data
•           Tahap editing, yaitu memeriksa kejelasan dan kelengkapan pengisian instrumen pengumpulan data
•           Tahap koding, yaitu proses identifikasi dan klasifikasi dari setiap pertanyaan yang terdapat dalam instrumen pengumpulan data menurut variabel-variabel yang diteliti
•           Tahap tabulasi data, yaitu mencatat atau entri data ke dalam tabelinduk penelitian
•           Tahap pengujian kualitas data, yaitu menguji validitas dan realiabilitas instrumen pengumpulan data
•           Tahap mendeskripsikan data, yaitu tabel frekuensi dan/atau diagram, serta berbagai ukuran tendensi sentral, maupun ukuran dispersi. tujuannya memahamikarakteristik data sampel penelitian
•           Tahap pengujian hipotesis, yaitu tahap pengujian terhadap proposisi-proposisi yang dibuat apakah proposisi tersebut ditolak atau diterima, serta bermakna atau tidak. Atas dasar Pengujian hipotesis inilah selanjutnya keputusan dibuat

3.6       Teknik Keabsahan Data
            Peneliti menggunakan triangulasi sebagai teknik untuk mengecek keabsahan data. “Triangulasi adalah teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain dalam membandingkan hasil wawancara terhadap objek penelitian”(Moleong, 2004)
            Terdapat empat jenis teknik triangulasi data menurut Patton dalam Pawito (2008) yaitu, triangulasi data (sering juga disebut juga dengan triangulasi sumber), triangulasi metode, triangulasi teori dan triangulasi peneliti.        
1.         Triangulasi data, menunjuk pada upaya peneliti untuk mengakses sumber-sumber yang lebih bervariasi guna memperoleh data berkenaan dengan persoalan yang sama.
2.         Triangulasi metode, merujuk pada upaya peneliti membandingkan temuan data yang diperoleh dengan menggunakan suatu metode tertentu, (misalnya catatan lapangan yang dibuat selama melakukan observasi) dengan data yang diperoleh menggunakan metode lain (misalnya transkrip dari in-depth interview)mengenai suatu persoalan dari sumber yang sama. Dalam hal ini, peneliti sebenarnya berusaha menguji seberapa tingkat validitas dan reliabilitas data dengan menggunakan metode yang berbeda.
3.         Triangulasi teori, merujuk pada penggunaan perspektif teori yang bervariasi dalam menginterpretasikan data yang sama.
4.         Triangulasi peneliti dapat dilakukan ketika dua atau lebih peneliti bekerja dalam satu tim yang meneliti persoalan yang sama. Dalam hubungan ini, temuan data dari peneliti yang satu dapat dibandingkan dengan temuan peneliti yang lain. Jika hanya satu peneliti seperti pada penelitian ini, triangulasi peneliti dapat dilakukan dengan menggunakan teknik kejujuran peneliti yang diungkapkan oleh Moleong (2004) dengan cara meminta bantuan peneliti lain melakukan pengecekan langsung, wawancara ulang, serta merekam data yang sama di lapangan. Hal ini sama dengan proses verifikasi terhadap hasil penelitian yang telah dilakukan oleh seorang peneliti.
Berdasarkan penjelasan diatas, penelitian ini akan menggunakan triangulasi sumber untuk melakukan cek keabsahan data.
3.7       Waktu dan Tempat Penelitian
Penelitian ini berlangsung selama (4) bulan, di mulai dari peneliti menentukan topic yang akan diteliti yaitu pada bulan Oktober2017.
Lokasi penelitian ini berlangsung di Gedung Graha Trans Coffee 3rd Floor. Jl. Duren Tiga Raya Kav. 53-55. Jakarta Selatan 12760.














Daftar Pustaka
Kutip dari buku One Stop Qualitative Research Methodology in Communication yang di karang oleh Ellys Lestari Pembayun.

Kutip dari buku Proposal Skripsi yang berjudul Strategi PR Kementrian Pariwisata Indonesia Dalam Meningkatkan Citra Wisata Halal Di DKI Jakarta yang disusun oleh Nurul Ramadani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar